7 Hal Yang Diinginkan Pengunjung Blog

Posted by Sangat Unik

Saya menulis artikel ini adalah sebagai pengunjung sebuah blog. Saya pernah kecewa sekali dengan sebuah blog yang tidak menyajikan saya apa yang ingin saya ketahui (informasi tertentu). Nah, dari pengalaman ini saya yakin pengunjung lainpun pasti berpikiran sama dengan saya.

Ada 7 hal yang diinginkan pengunjung blog ketika ia mengunjungi sebuah blog:

1. Desainnya menarik

Saya sangat kepincut dengan sebuah blog yang memiliki desain menarik, indah, cleac, sederhana dan elegan dimata saya. Ada satu blog yang menjadi desain favorite saya yaitu blog ladida cafe. Blog ini desainnya classic namun energik, membuat mata saya terlena.

2. Loadingnya cepat

Loading cepat membuat suatu blog banyak tamunya, karena menurut saya ketika suatu blog memiliki waktu loading yang cepat maka pengunjung akan segera mendapat informasi yang diinginkannya.

3. Tulisannya simple

Tulisan artikel blog yang simple, padat dan jelas maksudnya membuat saya tertarik untuk terus membaca sampai habis lalu berkomentar. Lain halnya ketika artikel sebuah blog yang tidak tahu dimana titik dan komanya, paragrafnya membuat saya'bete' dan hanya sekedar melihat intinya saja.

4. Link navigasinya banyak

Maksud link navigasi ini adalah, ada menu-menu seperti kategori - kategori artikel, kemudian artikel-artikel yang berlabel khusus, misalnya artikel yang berlabel "Recomended" atau "recent post" dan sejenisnya.

5. Iklannya lebih sedikit 

Iklan-iklan yang mencolok membuat saya'risih' dan ingin segera kabur, coz takut kejebak sama iklan. Sebab saya tidak ingin iklannya tapi saya ingin informasinya. Jenis iklan yang menakutkan adalah iklan yang 'maksa banget' dimana-dimana diikutin klik halaman baru nampil lagi seperti iklan melayang. Mneurut saya Iklan hanya informasi selingan jika ada yang menarik iklannya saya klik.

6. ada form komentar classicnya

Ketika saya ingin berkomentar disebuah blog yang artikelnya menarik sekali, saat itu saya ingin berkomentar tapi jaringan saya terbatas, form komentarnya tidak muncul dan alkhirnya saya berkomentar dalam hati. Lain halnya dengan blog yang ada form komentar classic (popup comment) apalagi ada reply komennya sehingga saya bisa berkomentar lewat dua form alternatif itu.

form komentar classic


7. Pemilikya ramah dengan pengunjung

Pemilik blog yang ramah dan responsive membuat saya kagum betapa tidak orang yang sangat awam seperti saya ini direspon dengan positif oleh pemiliki blog, dimana saat itu saya mengomentari blog yang berkategori kelas tinggi pagerank 5 dengan pengunjung ribuan perhari dan komentar saya dibalas dengan sopan dan bijak. Apa karena komentar saya yang menarik untuk di balas atau memang pemiliknya yang ramah, saya juga tidak tahu, tapi ini yang saya inginkan.

Dari ketujuh hal diatas saya paling suka nomor 6, sebab dengan adanya form komentar popoup ini saya mudah untuk meninggalkan komentar. Ini pengalaman saya ketika saya menjadi pengunjung. Sehingga ke tujuh hal ini saya berusaha keras untuk saya terapkan diblog saya, dan sebisa mungkin membuat pengunjung nyaman serta betah berlama-lama diblog sederhana ini.



source: http://www.masterendi.com/2011/08/7-hal-yang-diinginkan-pengunjung-blog.html